--> Skip to main content

Inilah 7 Alasan Kenapa Orang Cina Lebih Kaya dan Sukses Dari Pada Orang Pribumi.


Kalian sering gak sih liat orang kaya kebanyakan matanya sipit, kenapa yah. Apalagi sakit mata atau emang keturunan sipit. Menurut gue sih karena keturunan mereka yang menjadikan bentuk kelopak matanya agak kaya orang tidur.

Orang sipit identik dengan keturunan Tionghoa atau China. Tapi jangan samakan semua orang yang matanya sipit itu orang cina. Kenapa? Temen gue aja yang asli dari Jawa yang gak ada turunan orang cina, mata dia tuh sipit banget sampe sering dipanggil ci' Ong. Apa itu ci'ong, ci’ ong itu adalah akronim dari cina bo'ong. Iya kan, cina asli Jawa.

Hilangkan bahasan mata sipit, sekarang fokus utama kita adalah kenapa orang cina atau keturunan cina banyak yang kaya raya sampai tujuh turunan-nya. Semua orang berhak kaya, iya gak. Semua orang bebas memilih jalan hidupnya, mau kaya atau mau miskin. Namun, bagaimana cara menjadi kaya itu yang sangat sulit. Dan aneh nya rata-rata orang kaya itu adalah keturunan cina.Mengapa?

Inilah 7 Alasan Kenapa Orang China Banyak Yang Kaya.


Hidup Hemat.


Pernah mendengar pepatah hemat pangkal kaya, pribahasa ini sangat cocok di aplikasikan pada kehidupan sehari-hari karena telah terbukti kebenarannya, contoh jelas adalah orang cina.

Orang cina atau keturunan nya telah diajarkan dari kecil untuk hidup hemat agar uang yang dikeluarkan lebih sedikit sehingga uang itu bisa ditabung untuk masa depan-nya. Kita tidak pernah tahu bagaimana masa depan kita, intinya orang China diajarkan untuk hidup hemat agar masa depan mereka lebih cerah.

Bukan membedakan antara orang Indonesia dengan orang China. Faktanya orang Indonesia adalah orang yang berperilaku konsumtif tetapi perlu digaris bawahi bahwa tidak semua nya. Hanya beberapa orang saja namun banyak jumlahnya. Kita sebenarnya bisa lebih kaya dibandingkan orang cina jika kita bisa hidup hemat.


Rajin Menabung.


Alasan kedua kenapa orang China atau keturunan-nya banyak yang kaya adalah karena satu tindakan ini. Apakah itu? Yap, menabung. Tentunya kita telah diajarkan untuk menabung pada waktu kecil oleh orang tua kita. Namun, apakah setelah besar kegiatan ini terlaksana dengan baik, gue katakan gak. Hanya sebagian orang yang mampu mempertahankan sifat rajin menabung sejak kecil.

Orang cina gak seperti itu, mereka diajarkan agar hidup hemat dan rajin menabung sejak kecil sehingga dewasa nya mereka memiliki karakter dari kedua sifat baik ini. Menabung untuk keperluan mendesak yang akan datang, itu prinsip orang China.

Gila nya orang China adalah mereka menabungkan sepertiga atau setengah pendapatan nya untuk ditabung. Semisal mereka mendapat penghasilan tiga juta perbulan, maka satu setengah atau dua jutanya mereka tabung. Bayangkan dengan uang sisa ditabung mereka harus hidup, mau gak mau ya harus hidup. Makanya mereka hidup hemat.

Pelit.


Pelit bukan sifat yang kurang baik kok, menurut gue. Karena dengan pelit kita bisa meminimalkan pengeluaran. Dan memaksimalkan pendapatan, pengeluaran bisa kita tekan dengan pelit.

Pelitnya orang cina itu untuk kebaikan dirinya dan keluarganya agar mereka tidak hidup melarat atau miskin. Dan tidak semua orang cina itu pelit yah, jadi jangan membagi rata bahwa semua orang China atau keturunan nya itu pelit karena banyak juga orang keturunan cina yang baik dan dermawan.

Sederhana.


Jika kalian mau meniru orang cina yang kaya raya apakah kalian juga mau meniru sifat dan karakter nya. Jika iya apakah kalian mau rajin nabung, pelit, hemat dan hidup sederhana. Gue katakan jangan kalian gak bakal kuat biar orang cina aja.

Hidup sederhana, semua suku maupun agama mengajarkan sifat yang satu ini. Dalam istilah orang Jawa, hidup sederhana bisa juga disebut “Urip priyatin”. Sebelum orang cina mengajarkan untuk hidup sederhana, orang Jawa udah melakukan nya.

Namun, mudah dikatakan dan sulit dilaksanakan. Itulah sulitnya hidup sederhana, dan mampu untuk hidup penuh derita agar masa depan lebih cerah dan menggapai hidup kaya raya banyak duit.


Investasi.


Kunci orang cina kenapa kaya raya yang ke lima adalah investasi, orang cina banyak yang menaruh sebagian besar pendapatan nya untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi kita dapat menuai keuntungan dari modal yang kita tanam. Keuntungan dari berinvestasi tergantung dengan aturan main dari pihak investasi.

Makanya banyak orang cina yang kaya kerana mereka menjadi investor. Banyak barang yang bisa diinvestasikan diantaranya adalah emas, tanah dan barang berharga lainnya.

Pintar Berdagang.


Jangan heran jika banyak pedagang besar adalah orang cina, kenapa yah? Apa karena takdir atau apasih yang membuat pedagang Cina kaya raya.

Hipotesis pertama kenapa orang cina pintar berdagang adalah karena dari gen mereka atau dari leluhur mereka yang dari dulu adalah pedagang. Orang China jaman dahulu berkelana dan berlayar sampai datang ke Indonesia untuk berdagang rempah-rempah. Nah, jadi jangan salah jika keturunan cina pintar berdagang karena ditularkan oleh nenek moyang nya.

Hipotesis kedua adalah untung kecil tapi berkembang. Moto berdagang orang cina adalah gak papa untung kecil asal bisa buat modal lagi. Beda dengan orang indonesia jika berdagang, untuk dikit jadi masalah karena mereka khawatir modal Meraka gak balik. Tapi itu hanya sebagian nya saja.

Bekerja Keras.


Etos kerja keturunan China terbilang bagus dan tinggi, semangat mereka bekerja luar binasa tinggi. Hal ini menyebabkan atasan mereka suka mempekerjakan orang keturunan cina untuk bekerja di tempat atau usahanya.

Sebagai perantau di negeri orang tentunya membuat orang China lebih bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan di negara rantauannya. Makanya banyak orang cina yang kaya raya.

Kesimpulan.

Sebenarnya kaya raya dapat dicapai jika kita mengaplikasikan sifat dan karakter yang baik, jujur dan bekerja keras. Semua suku ras dan budaya sama semuanya, tergantung bagaimana kita menghadapi hidup dan memperjuangkan diri kita agar hidup layak dan lebih sukses dari orang tua kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar